Proses Pembuatan Benang Wool

Proses Pembuatan Benang Wool
Wool mungkin saja adalah serat tertua yang di kenal manusia. Wol juga adalah satu diantara serat pertama yang dipintal jadi benang serta ditenun jadi kain. Wol bukan sekedar reusable (bisa dipakai kembali) namun juga biodegradable.

sistem pembuatan wol


Wol beberapa besar datang dari domba namun dapat juga didapat dari alpaca, unta, serta kambing. Australia, Eropa Timur, New Zealand, serta China yaitu produsen wol paling besar. Domba yang dipelihara spesial untuk bulunya terang tidak sama dengan domba yang untuk dagingnya. Wol terbagi dalam protein yang sama yang membuat susunan pelindung luar kulit manusia.

Sheep shearing yaitu sistem di mana bulu wol domba digunting. Seseorang spesialis pencukur bulu domba bisa mencukur 200 domba dalam satu hari. Satu tahun sekali, domba-domba dihimpun untuk dikerjakan shearing (umumnya di cuaca yang lebih hangat).

wol mentah domba untuk baju

Seekor domba betina bisa membuahkan sampai 15 pon wol sedang seekor domba jantan sekitaran 20 pon wol. Wol yang baru saja dicukur dimaksud " raw wool " (wol mentah) serta karna domba tak pernah mandi, serat-serat itu mesti dicuci dolo.

langkah membersihkan bulu domba


Sesudah dipotong, wol mentah dinilai sesuai sama kwalitas seratnya. Wol dari kelas yang sama dikompresi serta lalu dikemas kedalam bundel untuk step selanjutnya. Kwalitas wol paling baik datang dari segi, bahu, serta belakang, sedang kwalitas paling rendah datang dari kaki sisi bawah.

Wol dinilai untuk kehalusannya serta panjang. Panjang beragam bergantung asal hewan itu, tetapi beberapa besar beragam karna aspek type domba. Merino wol Australia dapat sekitaran 3-5 inci panjangnya. Sedang yang datang dari Texas serta California bisa membuahkan serat yang panjangnya 2, 5 inci. Wol dari type domba lain serta hewan yang lain dapat selama 15 inci.

Pencucian dikerjakan dalam rangkaian pemandian dalam alkali serta lalu bulu dibasuh serta diperas lewat rol untuk mengeringkannya. Lanolin, sejenis lemak, yaitu satu diantara product hasil dari sistem ini serta dipakai dalam pembuatan kosmetik, sabun serta product rumah tangga yang lain.

lanolin lemak wol domba kambing


Setelah itu, wol lewat sistem yang diberi nama Carding - menyikat wol untuk meluruskan serat. Sistem ini dolonya dikerjakan dengan tangan, saat ini, mesin carding telah bisa dipakai agar wol bisa dilewati kedalam rangkaian rol yang diperlengkapi dengan bulu kawat.

alat sistem carding serat wol domba


Langkah carding paling akhir yaitu saat wol-wol itu dipisahkan jadi sehelai benang atau strip serta dihimpun ke gulungan untuk sistem spinning (putar). Strip yg dipisahkan ini dapat dikatakan sebagai roving.

mesin carding benang wol


Sesudah lewat sistem carding, serat wool lalu siap untuk sistem setelah itu – spinning. Spinning adalah langkah pemrosesan wol dimana roving wol yang dibuat sepanjang carding, dirubah jadi benang.

pakaian bahan wool
topi bahan wool
sepatu boot bahan wol
kain selimut memiliki bahan wol

Sebagian Kenyataan Menarik Mengenai Wol

Wol dari satu domba dewasa cukup untuk bikin 3 baju pria, 6 dress wanita atau 70 gunakan kaus kaki. Wol dari sekitaran 7 domba bisa memutari satu bumi. Wol dari sekitaran 62 domba dapat meraih dari bumi ke bln..
Wool yg dibuat oleh 200 domba beratnya sama dengan satu mobil kecil.
Australia adalah grower wol paling besar didunia.
Cina yaitu konsumen paling besar wol Australia.
Cina mempunyai domba paling banyak diikuti oleh Australia serta lalu New Zealand.
Jackie Howe yaitu pemegang rekor untuk pencukuran bulu domba. Lelaki asal Australia ini dapat mencukur 321 domba dalam sehari pada th. 1892.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

19 Oktober 2019 pukul 06.41

DCA - Decoloring Agent Chemical Tretament yang sangat efektif mereduce warna air limbah dengan warna yang pekat sekaligus sehingga air limbah menjadi jernih seperti air putih. Penghilang warna untuk air limbah industri/ pabrik Tekstil, Kain, Pencelupan, cat, Pigmen, Indigo, Dyeing, Tinta dll pada sistem IPAL Kinerja : DCA dapat menghilangkan warna air limbah yang pekat , mengikat senyawa organik, anorganik ,logam terdisolved pada air limbah dan terendapkan menjadi residu sehingga menghasilkan warna air yang jernih Cocok digunakan di WWTP / IPAL industri Tekstil, Kain, Pencelupan, cat, Pigmen, Indigo, Dyeing, Tinta, pasta dll
Untuk informasi lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:081310849918
Terima kasih

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sentra Oleh Oleh Garut HP 082 129 00 1967 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger